Tuesday, November 11, 2008

Berinvestasi Pada Putaran Waktu

" Lebih mudah memaafkan orang yang salah daripada yang benar .... "
" Kekuasaan akan berjalan baik bila dipercayakan kepada orang yang tidak mencarinya sebab dia akan berusaha menjalankan sebaik mungkin.. " Prof. Albus Dumbledore

------------------------

Jika waktu lebih berharga dari uang, dan jika mengenai penggunaan uang saja sangat penting artinya bahwa kita berinvestasi, apalagi dengan penggunaan waktu, sangat penting bahwa kita berinvestasi pada putaran waktu.

Apa makna berinvestasi pada putaran waktu? Artinya, kita menggunakan waktu yang kita miliki, yaitu kesempatan yang kita miliki berupa kehidupan di dunia ini, untuk melakukan apapun yang memberikan manfaat atau nilai tambah tertinggi. Menfokuskan energi dan pikiran pada aktivitas bernilai tertinggi.

Bagaimana kita mendefinisikan suatu aktivitas itu bernilai tinggi? Ini bisa berbeda pada setiap orang karena tentulah prioritas seseorang itu bersifat unik. Apa yang sangat penting bagi seseorang belum tentu penting bagi orang lain. Tetapi kita memahami kuncinya, yaitu menetapkan prioritas. Menetapkan prioritas memiliki makna sangat penting.

Menetapkan prioritas dimulai dari membuat daftar tentang apa saja aktivitas penting yang kita miliki, apa yang biasa saja, dan apa yang tidak penting. Ada tiga hal yang bisa kita lakukan untuk memastikan bahwa kita memiliki cukup banyak waktu untuk apa yang penting:

1. Apa yang penting tidak boleh dikalahkan oleh apa yang tidak penting.
2. Apa yang penting harus didahulukan, jangan sampai kehabisan waktu karena terlebih dahulu melakukan hal-hal lain yang tidak relevan, remeh, atau tidak penting.
3. Disiplin untuk selalu melakukan apa yang penting dan bernilai tambah tinggi harus diberlakukan secara serius.

Tiga hal di atas memang sangat sederhana, tetapi itulah yang harus dilakukan untuk mengubah kehidupan kita menjadi jauh lebih baik dengan berlalunya waktu. Itulah tiga strategi untuk berinvestasi pada putaran waktu.






1 comment:

Unknown said...

sule lucu bangettttttt, mantab lah sule ga ada matinya

---
ISP Company

Categories

ARCHIVES