Sunday, August 10, 2008

Frenzone bukan Friendster

Ada istilah di dunia maya seperti begini :”Di internet, tidak ada yang tahu kamu adalah seekor anjing!”. Yah, memang di internet, identitas seseorang tidak ada yang berani jamin 100 % asli. Kita tidak pernah merasa yakin orang di Internet adalah seorang pria atau wanita. Friendster mencoba memperjelas identitas pemakainya dengan menampilkan foto si pengguna.

Namun, senyum Mr.Smile – logo Friendster – tidak bisa tersimpul indah lagi. Rivalnya sudah jauh mengungguli di depan, meski lahir belakangan. Rival Friendster yang paling mentereng sekarang antara lain MySpace, Hi5, dan Orkut. Mereka lahir dengan kelebihan dan strategi yang memenangkan pasar (pageview MySpace bisa mencapai 1 juta klik perharinya). Pelan – pelan anggota Friendster banyak yang pindah ke situs lainnya.

Berikut beberapa situs komunitas populer di dunia

1. myspace (10 besar situs dunia)
Tidak sekedar situs, ia ditabal sebagai situs penggerak zaman. Fitur lainnya antara lain MySpace Instant Messenger, MySpace Mobile, dan tentu saja untuk menaikmuatkan musik. Saking terkenalnya, banyak yang menjadikannya batu loncatan untuk promosi seperti film Snakes on the Plane – Samuel L. Jackson
Peringkat Situs : No.1 di Puerto Rico, No.3 di AS, No.7 di Inggris Raya, No.8 di Meksiko
Mayoritas Pengguna : AS (lebih dari 50 %), Inggris Raya, Puerto Rico, Prancis dan Meksiko

2. orkut (15 besar situs dunia)
Anak perusahaan Google ini berinovasi dengan menyilakan penggunanya bebas membuka forum komunitas (forum) serta menyurati orang di depan umum (scrapbook – jika si A menyurati si B, maka semua orang bisa mengetahuinya lewat laman si B). Tersedia juga fasilitas pelabel teman, seperti :”Best Friend”, “Tidak Dikenal”, “Orang Baik”, dll.
Peringkat Situs : No.1 di Brasil dan Paraguay, No.2 di India, No.3 di Pakistan
Mayoritas Pengguna : Brasil (lebih dari 60 %), India, AS, Pakistan, Paraguay

3. hi5 (20 besar situs dunia)
Seperti saudara kembar Friendster, keduanya memiliki fitur yang sangat mirip. Mulai dari data profil hingga ketentuan jenjang pertemanan (3 tingkat). Tetapi ia sudah dilengkapi dengan fitur bermusik.
Peringkat Situs : No. 2 di Portugal, Kosta Rika, Rep. Dominika, El Salvador dan No.3 di Peru.
Mayoritas Pengguna : Peru, Portugal, Kosta Rika, Rep. Dominika, dan El Salvador

4. friendster (25 besar situs dunia)
Sudah mulai menganekaragamkan fitur, mulai dari weblog, group, video, pekerjaan, komunitas hingga mesin pencari Google
Peringkat Situs : No. 1 di Filipina, No2. Malaysia, Singapura, Indonesia, No.77 di AS
Mayoritas Pengguna : Filipina, Malaysia, Singapura, Indonesia, AS

5. livejournal
Mengedepankan fitur weblog atau jurnal yang terbagi atas fasilitas gratis dan berbayar. Blogger di LJ bisa memasukkan gambar, aksesoris bahkan rekaman suara dengan syarat tertentu. Kalau Blogger tersebut bagus, LJ bisa menjadi sponsor sekaligus membayarnya.
Peringkat Situs : No.8 di Rusia, No.11 di Singapura
Mayoritas Pengguna : AS, Rusia, Singapura, Ukraina, Inggris Raya

6. Xanga
Xanga merupakan kosakata baru yang berarti weblog. Selain weblog, Xanga juga mengedepankan Photoblog, Audioblog, dan Pulse – mini blog yang bisa diupload dari ponsel. Pengguna Xanga pun dengan sendirinya mendapatkan URL tersendiri
Peringkat Situs : No.4 di Hong Kong, dan No. 8 di Makao
Mayoritas Pengguna : Hong Kong (hampir 60 %), AS, Makao, Singapura, dan Malaysia

7. bebo
Menerapkan taktik me-too terhadap MySpace dengan meluncurkan Bebo Band – fitur promosi band musik. Tampilan laman depannya juga lebh gres dan mudah dimengerti.
Peringkat Situs : No.1 di Irlandia, No.5 di Selandia Baru, dan No.11 di Inggris
Mayoritas Pengguna : Inggris, Irlandia, Selandia Baru, AS, dan Australia

Yang terakhir, komunitas baru itu bernama FrensZone. Namanya unik mirip minuman mineral Mizone. Persamaannya : ada kesegaran didalamnya, bukan hanya dapat teman baru, tap[i juga dapat uang ! Asalkan kamu punya account Paypal.

Join aja disini :



No comments:

Categories

ARCHIVES